Selasa, 04 Desember 2012

Telepon Pintar Untuk Masa Depan Yang Lebih Cerdas


Minggu sore lagi santai-santai, sambil membaca berita di website voa indonesia di voaindonesia.com. jadi, karena saya termasuk orang yang "freak" banget dengan teknologi langsung saja pilih menu iptek kemudian lebih khusunya teknologi. tiba-tiba ada satu berita yang sangat menarik perhatian saya. setelah membaca berita yang berjudul "Remaja di AS Kerjakan PR dengan Telepon Pintar". Sekejap saya langsung teringat bagaimana dengan keadaan di sekitar saya? bagaimana dengan indonesia? lalu bagaimana dengan masa depan indonesia?

Pengertian Telepon Pintar
Jika anda mendengar kata-kata telepon pintar atau yang kebanyakan orang sebut dengan istilah “smartphone” apa yang terfikirkan di benak anda? Mungkin kebanyakan orang akan memikirkan tentang canggih, mahal, modern, fleksibel.
Tapi sebenarnya smartphone merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, bukan hanya sekedar penggunaan dasar seperti telpon dan sms tetapi fungsinya bahkan hampir menyamai dengan komputer.

Perkembangan Telepon Pintar
Dulu smartphone hanya digunakan oleh kalangan menengah atas ataupun profesi-profesi tertentu, seperti pengusaha besar dan pejabat. Itu semua disebabkan karena harganya yang cukup mahal.
Berbeda dengan dulu, sekarang smartphone telah berkembang dari berbagai feature yang terdapat didalamnya seperti, email, chatting, internet, office dan yang lagi populer-populernya belakangan ini sperti social media dan games. .Penggunanyapun sekarang sangat beragam mulai dari anak-anak, maupun dikalangan pelajar termasuk siswa SD, SMP dan SMA. Harganyapun cukup bervariasi ada yang murah <1jt, cukup mahal 1-5jt,atau ada yang >5jt

Telepon Pintar dikalangan Pelajar
Jika kita lihat para pengguna telepon pintar (smartphone) ini khususnya pelajar tidak memanfaatkannya secara bijak,kenapa saya katakan demikian? Karena mereka lebih mementikngkan hiburan dan status sosial mereka dimasyarakat. Mereka membeli smartphone karena ingin dianggap mapan, tidak gaptek ketimbang memanfaatnya secara bijak dan efektif. Budaya ini sangat tidak baik bagi masyarakat kita. Kenapa?
·         Karena menimbulkan perbedaan status sosial dimana mereka akan saling berpacu dan cenderung menukar dengan smartphone yang terbaru (update) tentunya dengan harga yang lebih mahal hanya untuk menarik perhatian orang dan pamer.
·         Belum lagi adanya sifat latah atau ikuta-ikutan yang menyebabkan mereka membeli smartphone yang lagi booming dipergaulan mereka tanpa melihat kemampuan ekonomi mereka sendiri.
·         Dan sudah jelas jika mereka tidak memanfaatkannya dengan baik,bijak dan efektif tentu tujuan mereka hanyalah untuk konsumtif yang mengembangkan sifat boros dan kemewah-mewahan.
·         Belum lagi dampak negatif lainnya yang sangat merusak moral bangsa.
Dengan Teknologi yang terdapat pada smartphone misalnya kualitas kamera, video yang memadai dan juga bluetooth. Lagi-lagi mereka yang tidak bijak menggunakan teknologi, menggunakannya untuk hal-hal yang yang tidak sepantasnya dilakukan bagi pelajar.
Misalnya saja:

Sebarkan Video Mesum Temannya, Pelajar SMA di Sukoharjo Ditangkap Polisi



Bagaimana nasib masa depan bangsa, jika generasi penerusnya tidak bermoral dan tidak bijak menggunakan teknologi?

Dari berbagai dampak negatif tersebut marilah!! kita gunakan telepon pintar dengan cerdas, efektif, dan bijak untuk masa depan yang cerdas.

Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan apabila kita memiliki smartphone dan menggunakannya dengan cerdas, terutama bagi pelajar.

check itu out...



Menyusun agenda merupakan salah satu manfaat yang dapat kita rasakan dalam menggunakan smartphone terutama bagi pelajar. kita dapat memanfaatkan nya sebagai pengingat jadwal, kapan deadline tugas kita, atau ada UH yang sangat penting.


Ketika ada tugas jurnalistik yang biasanya berhubungan dengan mewawancarai seseorang, tentu hal yang sangat utama dibutuhkan adalah alat perekam kegiatan wawancara. Salah satunya dengan menggunakan perekam suara yang ada pada ponsel pintar.


Biasanya pada saat belajar geografi, kita diharuskan menemukan suatu lokasi tertentu. Dengan bantuan smartphone pun dapat membantu siswa menggunakan peta dengan mudah dan cepat baik dengan online maupun offline.


Menggunakan internet dalam menemukan informasi juga salah satu alternatif pelajar dalam menyelesaikan PR mereka


Microsoft Word juga termasuk salah satu hal yang penting bagi pelajar karena beberapa tugas, surat, dan, makalah harus diketik sehingga dengan menggunakan ponsel pintar tugas kita dapat dikerjakan di genggaman tangan.


Belajar Akuntansi dan ekonomi tentu tidak terlepas dengan yang namanya Microsoft Excel karena sangat membantu dalam manajemen dan proses penghitungan.


Dalam menyelesaikan tugas-tugas dan PR-PR. Beberapa pelajar membutuhkan dokumen dengan format PDF karena beberapa sumber bahan bacaan maupun buku elektronik dibagikan dalam format PDF. Ketika anda tidak mempunyai komputer ataupun laptop. Ponsel pintar juga dapat digunakan membuka dokumen dengan format PDF.


Dalam belajar atau menyelesaikan tugas matematika fungsi konversi juga sangat dibutuhkan utnuk mengubah satuan, sehingga kita dapat dengan cepat menyelesaikan PR matematika.

Itulah beberapa manfaat dari ponsel pintar.memang pada kenyataannya teknologi ibarat pisau bermata dua, yang apabila digunakan dengan baik tentu akan sangat bermanfaat. Sehingga bukan cuma remaja di AS yang bisa tetapi, Pelajar dan Remaja di Indonesia juga bisa memanfaat "Telepon Pintar Untuk Masa Depan Yang Lebih Cerdas"



3 komentar: